Friday, August 8, 2008

jawapos Highlite

INSPIRASI MESSI
1 Pantai Gading v Argentina 2

BEIJING - Lionel Messi benar-benar menjadi pemain penting bagi Argentina. Setelah mendapatkan restu dari Barcelona untuk bermain di Olimpiade Beijing, pemain mungil itu langsung memberikan bukti. Messi tampil gemilang dan berperan penting membawa Argentina mengalahkan Pantai Gading 2-1 (1-0) di Stadion Olimpiade Shanghai kemarin (7/8).

Tidak hanya bermain gemilang, Messi juga mencetak gol pertama Argentina pada menit ke-43. Gol itu lahir berkat kecerdikan Messi memanfaatkan umpan Juan Roman Riquelme. Pantai Gading menyamakan kedudukan lewat Sekou Cisse pada menit ke-53. Tapi, Argentina memastikan kemenangan setelah Lautaro Acosta mencetak gol pada menit ke-86.

Secara keseluruhan, Messi adalah bintang pertandingan itu. Kolaborasinya dengan penyerang Atletico Madrid Sergio Aguero beberapa kali mengancam gawang Pantai Gading yang dikawal Vincent de Paul Angban.

Pada menit ke-32, Messi beraksi melewati beberapa pemain Pantai Gading. Sejurus kemudian, dia menyodorkan umpan matang kepada Ezequiel Lavezzi yang berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan. Sayang, sontekan striker Napoli itu terlalu lemah sehingga dapat dimentahkan oleh kiper.

Tertinggal satu gol, Pantai Gading meningkatkan tekanan. Dimotori oleh pemain Chelsea Salomon Kalou, beberapa kali Pantai Gading berhasil menciptakan peluang. Delapan menit setelah turun minum, serangan sporadis Pantai Gading membuahkan hasil. Sundulan Sekou Cisse mengoyak gawang Argentina yang dikawal Oscar Ustari.

Skor imbang membuat pertandingan menarik. Di situlah Messi kembali memainkan perannya. Ketika pertandingan menyisakan empat menit, pemain bertinggi 169 cm tersebut melesakkan tendangan keras yang masih bisa ditepis oleh kiper Vincent Angban. Namun, bola muntah berhasil dimanfaatkan oleh Lautaro Acosta menjadi gol.

"Saya senang kami bisa menang. Saya yakin tim itu bakal tampil lebih baik di laga berikutnya," ucap Messi seperti dilansir Associated Press. "Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Barcelona, pelatih, dan para pemain," sambungnya.

Pelatih Argentina Sergio Batista mengakui bahwa kemenangan timnya sangat ditentukan oleh kepiawaian Messi. "Messi benar-benar fantastis. Dia sepertinya sudah menyiapkan diri untuk berlaga di partai tersebut dengan sangat bagus," jelas Batista.

Kemenangan tersebut mengantar Argentina ke puncak klasemen sementara grup A dengan tiga poin. Sementara itu, pada laga lainnya, Australia bermain imbang 1-1 dengan Serbia. (ali/ca)